Sabtu, 05 Februari 2011

Tugas I : Media Komuniaksi Bisnis

MEDIA KOMUNIKASI

Dalam dunia usaha dan Industri tentu membutuhkan media sebagai sarana berkomunikasi kepada para calon pelanggannya. Dunia usaha itu seperti berdagang. Berdagang mempunyai kegiatan membeli dan menjual produk ataupun jasa.

Bentuk kegiatan dagang itu ada seperti :

a. Agen
Jenis usaha dagang yang memiliki kegiatan membeli dan menjual produk atau jasa, yang langsung diperolehnya dari perusahaan pembuat produk dan jasa. kegiatan beli dan jual ini dilakukan dalam partai besar. Keagenan pelaku usaha itu dapat diperoleh dari satu atau dua perusahaan penghasil produk atau jasa, yang menjualkan ( menawarkan produk dan jasa langsung kepad para calon peanggan

b. Grosiran
Jenis usaha dagang grosiran memiliki kegiatan membeli dan menjual produk dan jasa dalam partai kecil. Pelaku usaha grosiran ini ada mendapatkan peroleh produk dan jasa dari bebeara agen dan menawarkan produknya dalam jumlah banyak dan berbagai produk.

c. Kecil / Eceran
Jenis usaha dagang seperti ini biasanya membeli dan menuual dalam partai kecil dan terbatas produk yang ditawarkannya, mereka mendapatkan produk dari berbagai agen dan grosiran. Biasanya mereka menawarkan produk bukan jasa. Produk yang ditawarkan pad umunya merupakan produk kebutuhan masyarakat sehari-hari dan jenis usaha ini sangat banyak dn dekat dengan para calon pelanggannya

Kalau dunia industri, jenis usaha seperti ini mengolah dan menciptakan produk dan jasa. Seperti pabrikan, perhotelan, parawisata dn perasuransian. Jadi usaha industri yang dihasilkan dapat berupa :
a. Produk = pabrikan dan asuransi
b. Jasa = perhotelan, parawisata, angkutan.

apabila kita baca dari pelajaran EKONOMI ada banyak jenis usaha yang menghasilkan produkd an jasa. Semua usaha itu mempunyai siklus ( lingkaran ) kegiatan yang penghasilkan produk dan jasa untuk kebutuhan manusia dan lembaga/kantor.

Agar usaha itu dapat mempromosikan hasil produknya dan jasanya, perlu diinformasikan kepada orang banyak. untuk menginformasikan produk dan jasa itu kan menggunakan MEDIA sebagai alat bantu. Dengan adanya media, maka pelaku usaha dan para calon pelanggan dapat didekatkan agar para calon pelanggan dapat lebih mengenal dan lbih teliti atas produk dan jasa yang ditawarkan oleh pihak penawar ( penjual ) produk.

Perlunya media digunakan untuk mendekatkan kepada calon pelanggan, agar para calon pelanggan dapat melakukan pertimbangan terhadap produk atau jasa tersebut.pendekatan seperti ini tentu akan menimbulkan reaksi dari calon pelanggan.

paman : guru smk negeri 6 medan
khusus untuk konsumsi tingkat x ( sepuluh )smk bisnis dan manajemen
perhatikan soal berikut !!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar